Hewan Ubur-Ubur Jadi Inspirasi Desain Pesawat

Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat udara adalah kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di udara.
Berbeda dengan yang tadi, kali ini ada seorang ilmuwan asal amerika serikat yang terinspirasi dari hewan ubur-ubur untuk menciptakan pesawat baru. Untuk pertama kalinya pesawat mini ubur-ubur ini dikembangkan.
Berbentuk kecil dan ringan, pesawat terbang sekalipun robot ini hanya memiliki berat 2.1 gram. Penciptanya mengatakan robot yang dapat terbang ini dibuat dengan buatan tangan dan bisa bergerak seperti ubur-ubur ketika berada di air.
Ilmuwan tertaik dengan gerakan ubur-ubur karena gerakannya di air memerlukan otot sederhana dan tanpa kekuatan otak. Ubur-ubur sungguhan dikatakan menggunakan saraf primitif. Ubur-ubur juga dikagumi oleh ilmuwan karena memiliki rok transparan seperti lonceng. Saat terbuka kemudian menutup, bagian tubuh ubur-ubur itu mendorong air keluar dari lubang kecil dan membuatnya bergerak.
Pesawat terbang yang diciptakan oleh ilmuwan ini memiliki 4 sayap kelopak, yang masing-masing memiliki panjang 8cm. Ke-4 sayap ini bisa digerakan secara bersamaan.

Sebuah motor kecil yang ditaruh pada robot mini ini dapat menggerakan sayap dalam waktu 20kali/detik, sehingga dorongan yang cepat mampu memaksa udara keluar melalui bagian bawah robot dan dapat membuatnya terbang.
Ilmuwan mengatakan, penyempuraan pesawat terbang ubur-ubur ini dapat digunakan di bidang militer sebagau kendaraan tanpa awak untuk pengintaian. Selain itu robot ini juga bisa digunakan untuk memonitor polusi udara

Hewan Ubur-Ubur Jadi Inspirasi Desain Pesawat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown