Tumbuhan Bakau Sebagai Obat Penyakit Herpes

1. Sekilas tentang tumbuhan bakau (Bruguiera sexangula " LOUR " poiret)
Tumbuhan yang banyak tumbuh di rimba mangrove ini dikenal dengan nama beragam daerah seperti bakau, tampusing, busing, mata buaya (sumatra), tumu, tumu putih (semenanjung malaya sarawak), serta, berus putut (sabah). Bakau terhitung dalam pamili Rhizophoraceae.
Bakau banyak tumbuh pada hutan mangrove, serta selama sungai-sungai, terkadang di dapatkan di pasir yang lembab. Pohon ini tinggi sampai 33 m, diameter 65-80 cm, batang terkadang berbanir tingginya meraih 1 m atau berakar jangkang, akar nfas berupa lutut yang mencuat diatas lumpur sampai meraih 45 cm, kulit batang licin berwarna keabu-abuan sampai agak coklat, sedikit berlentisel. percabangan simpodial, daun tunggal tersusun bertemu silang, wujud daun jorong-lonjong ; tidak sering lanset-sunsang, memiliki ukuran 8-16 cm x 3, 6 cm ; warna hijau pucat, pinggir daun rata, ujung serta pangkal daun lancip ; tangkai daun panjangnya 1, 5-5 cm ; daun menumpu sepasang, panjang3, 5-4 cm, gampang luruh, warna hijau atau kekuning-kuningan, bunga tunggal biasanya menunduk, panjang antesis 2, 7-4 cm ; tangkai bunga panjangnya 6-12 mm, warna hijau, kuning atau kecoklatan ; kelopak bunga berupa tabung dengan 10-12 cuping, warna kuning, coklat kekuningan atau kemerahan, panjang tabung 1-1, 5 cm, serta bearus terang hingga kepangkal bunga ; judul bunga 10-12 panjang judul 1, 5 cm, judul dengan 2 cuping, warna keputi-putihan sampai coklat kekuningan, bersayap, di selama pinggir luar sayap berbulu rapat, panjang cuping 1/2 dari panjang judul.
2. Kegunaan bakau untuk kesehatan
Bakau banyak memiliki kandungan tanin serta astrigent.buahnya di pakai untuk menyembukan penyakit kulit sekitar punggung (HERPES).akar serta daunya di pakai untuk obat luka bakar. di sulawesi buah serta tumbuhan kecambahnya direbus lalu di makan, tumbuhan kecamba ini di makan mentah dengan sirih (untuk pengganti pinang) di buru tumbuhan kecambahnya di lumatkan dengan air serta sedikit seduhan jeruk, cairan dari seduhan tersebut di teteskan ke mata bermanfaat untuk menyembukan mata yang keruh.

Tumbuhan Bakau Sebagai Obat Penyakit Herpes Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown