Kasiat Tumbuhan Angsana (Pterocarpus indicus wild)

Tumbuhan Angsana
Angsana merupakan tumbuhan raksasa hutan yang tingginya bisa mencapai 35-40 m.
batang umumnya agak bengkok dengan barnir kecil dan jalur dangkal,kayunya indah,awet,kuat dan berwarnah indah,tumbuhan ini tergolong dalam famili Papilionnaceae.
sampai saat ini populasi angsana tersebar di seluruh indonesia masih tergolong banyak,tumbuh baik pada ketinggian di bawah 500 m dpl.



  • Manfaat tumbuhan angsana
Hampir seluruh bagian tumbuhan angsana dapat di manfaatkan sebagai obat seperti kulit atau mengobati sariawan,getahnya untuk sakit perut,daunya untuk penyakit kulit dan untuk menyehatkan rambut,rebusan kulit angsana sering di gunakan sebagai obat kumur untuk mencegah sariawan,getah berwarna merah yang keluar pada bagian batang di manfaatkan untuk obat sakit perut(diare).
Kulit angsana
Daun yang masih muda setelah di layukan dengan tangan dapat di letakan pada bisul agar lebih cepat pecah; cairan daun yang di kemas kemas dapat di gunakan untuk menyembukan penyakit kudis.
daun yang di rendam dalam air digunakan untuk kramas agar rambut tumbuh dengan baik.getahnya juga dapat langsung di gunakan pada sariawan biar cepat mengering, dengan di oleskan bagian mulut yang terkena sariawan.
Terima kasih atas kunjunganya jangan lupa baca juga artikel Khasiat Buah Pinang

Kasiat Tumbuhan Angsana (Pterocarpus indicus wild) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown